Tayang Sampai Saat Ini

Jumat, 07 Februari 2020

BATUR_KINTAMANI



SALAH SATU TEMPAT YANG INDAH DI BATUR KINTAMANI





Kawasan Batur memang berdiri sejumlah pura tua, yang memiliki sejarah panjang akan kehidupan beragama di Bali, seperti juga salah satunya Pura Jati ini. Namun demikian belum ada sejarah yang pasti tentang kapan pura tersebut didirikan pertama kali, namun menurut penuturan tetua warga, Pura Jati tersebut sudah ada sejak abad ke-8 Masehi. Jadi Pura Jati ini terbilang sudah cukup tua dan merupakan situs peninggalan Bali Kuno yang masih terjaga dengan baik sampai sekarang ini.

Anda yang ingin mengenal tempat-tempat wisata budaya Bali di masa lalu maka berikutnya bisa berkunjung ke Pura Jati Batur.

Pura Jati di tepian Danau Batur diyakini sebagai tempat suci Bhagawanta Dewi Danu yang berstana di Pura Batur. Itu sebab, keberadaan kedua tempat suci ini saling terkait. Tak hendak terpisahkan.

Pura ini tergolong salah satu pura atau kahyangan panyungsungan jagat sebagai tempat memuja dan memuliakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam fungsinya sebagai Bhatara Hyang Gangga.

Pura Jati merupakan pura Bhagawanta dari Pura Ulun Danu Batur.

Pura ini sebagai salah satu pura yang pernah beberapa kali saya kunjungi. Dan menyimpan kenangan dalam perjalanan tugas negara.



Pura Jati hanya memiliki dua pelingggih pokok yaitu Pesimpangan Bhatari/ Dewi Danu dengan pelinggih Meru Tumpang 3 dan pelinggih Bhatara Bhujangga Sakti yang tidak lain adalah pelinggih Ida Bhatara Sakti Dwijendra yang datang ke Bali pada abad ke-15 dari Jawa Timur. Kehadiran pendeta ini dalam rangka menyebarkan ajaran Siwa-Buddha yang dijaga dan dipeluk penganut Hindu di Bali hingga saat ini.




Aku (pakai kacamata warna warni 😜) diapit oleh orang2 terkasih, di kanan ku adalah adik dari iparku, telah meninggalkan kami terlebih dulu menuju swargaloka di akhir tahun 2017 lalu, dan kemudian wanita disebelah kiriku menyusul menuju swargaloka Bulan Februari 2019 kmrn, dan paling ujung sekarang telah menjadi suamiku, kami menikah di bulan Oktober 2018 lalu.


SEMOGA MEREKA BERDUA SELALU BERADA DALAM DAMAI,
MISSSSSSS U. :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar